Welcome Henricus Blog, please enjoy and keep posting! ;D

Minggu, 27 November 2011

Aspek–aspek yang mempengaruhi dalam perwujudan suatu tujuan nasional :



Aspek Ideologi
Ideologi merupakan suatu kumpulan ide yang melalui proses berpikir yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan. Jadi ideologi  merupakan ide dari seluruh bangsa dan berfungsi sebagai pertahanan dalam menghadapi hambatan dan gangguan dari luar maupun dari dalam dan dalam skala kecil maupun besar dan secara langsung maupun tidak langsung.

Aspek Politik
Politik secara umum berasal dari kata politik yang mengandung makna kekuasaan atau politik yang berarti kebijaksanaan.
Di Indonesia, terdapat hubungan yang tercermin pada pemerintahan negara yang berfungsi sebagai penentu kebijaksanaan dan ingin mewujudkan aspirasi semi tuntutan masyarakat. Karena itu, kebijaksanaan pemerintahan negana tersebut harus serasi dan selaras dengan keinginan dan aspirasi masyarakat


ASPEK EKONOMI
Ketahanan ekonomi diartikan sebagai pertahanan dalam menghadapi hambatan dan gangguan yang berasal dari internal maupun eksternal, dalam skala kecil atau besar dan secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka menjamin kelangsungan kehidupan ekonomi bangsa dan negara Indonesia.


Aspek Sosial dan Budaya
Kebudayaan merupakan suatu sistem. Artinya, bagian-bagian dari kebudayaan itu saling berkaitan satu dengan lainnya. Perubahan satu unsur kebudayaan akan mempengaruhi unsur-unsur yang lainnya.


ASPEK PERTAHANAN NASIONAL
Pertahanan dan keamanan nasional dapat diartikan sebagai kondisi dinamis kehidupan pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia mengandung keuletan, ketangguhan, dan kemampuan dalam mengembangkan, menghadapi dan mengatasi segala tantangan dan hambatan yang datang dari internal maupun dari eksternal yang secara langsung maupun tidak langsung membahayakan identitas, integritas, dan kelangsungan hidup bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
            Wujud ketahanan keamanan tercermin dalam kondisi bangsa yang dilandasi kesadaran oleh  seluruh rakyat Indonesia yang mengandung kemampuan memelihara stabilitas pertahanan keamanan negara yang dinamis, mengamankan pembangunan dan hasil-hasilnya serta kemampuan mempertahankan kedaulatan negara dan mencegah segala bentuk ancaman yang datang.



Sumber : Makalah Kewarganegaraan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar